Manfaat Daun Pegagan

Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan

Posted on

Banyak yang bertanya apa manfaat dari daun pegagan yang banyak ditemui di daerah pekarangan rumah. Namun perlu diketahu bahwa tanaman ini memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh dan sudah lama dikenali di berbagai negara sebagi ramuan obat tradisional. Di indonesia sendiri khasiat daun pegagan belum banyak yang mengetahuinya.

Daun Pegagan atau antanan dan ada juga yang menyebut pane gowang merupakan tanaman yang memiliki nama ilmiah Centella Asiatica dan merupakan jenis tanaman liar yang biasa tumbuh subur di daerah pekarangan maupun ladang. Ciri khasi dari daun ini adalah memiliki daun berbentuk bundar dan biasanya tumbuh secara berkelompok di daerah yang memiliki cukup air, makanya jangan heran jika anda sering mendapatai tanaman ini tumbuh disekitar pembuangan air.

Makanya untuk mendapatkan daun ini bukanlah hal yang sulit, karena anda akan sangat mudah menemuinya di sekitar rumah yang memiliki hawa lembab dan berair yang biasanya akan tumbuh subur. Pertanda daun itu cocok tumbuh di tempat tersebut dan subur adalah ukuran daunnya akan relatif lebih besar dan sebaliknya jika tanaman ini kekurangan air maka ukuran daunnya akan kecil dan menguning.

Sudah paham kan karakteristik dari daun pegagan? Yuk kita simak penjelasan manfaat dari daun pegagan yang kami dapatkan dari berbagai sumber terperecaya.

Membantu Mengatasi Alzheimer

Salah satu manfaat dari tanaman pegagan adalah baik untuk otak dan kecerdasan anak, hal ini ternyata sudah didukung oleh penelitian yang menyatakan bahwa tanaman ini memang dapat membantu konsentrasi dan daya ingat otak.

Tak hanya itu manfaat lain dari daun pegagan adalah dapat melindungi otak dari racun serta sel-sel yang dapat mengakibatkan plak pada otak. Dari hasil inilah membuat pegagan cocok untuk mengatasi penangan alzheimer.

Membantu mengurangi kecemasan

Telah dilakukan penelitian di india terhadap daun pegagan untuk mengatasi gejala kesemasan seperti depresi. Berdasarkan pada pengamatan tersebut, para peneliti berhasil menemukan bahwa daun pegagan dapat bergungsi untuk mengurangi gejala kecemasan secara signifikan.

Melancarkan Peredaran Darah

Khasiat dari daun pegagan ternyata juga dapat digunakan untuk membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh secara efektif dan mampu mengatasi terjadinya penyumbatan darah yang dapat memicu banyak penyakit.

Cara Konsumsi Pegagan yang Baik dan Aman

1. Sebagai Minuman

Bahan-bahan :

– 1 genggam daun pegagan / pane gowang

– 5 batang, batang tapak lima

– 1 sendok makan madu

– 1 gelas air putih (200 ml)

– ½ genggam daun jintan hitam

Cara Membuat :

1. Cuci sampai bersih semua bahan, lalu masukan ke dalam panci bersama satu gelas air bersih.
2. Setelah itu rebus sampai mendidih.
3. Selanjutnya saring airnya dan berikan campuran madu, lalu aduk hingga merata.
4. Angkat dan minum air ramuan tersebut secara rutin sehari 2 kali pagi dan sore.

2. Sebagai Lalapan

Bahan :

– Ambil secukupnya daun pegagan

Cara Membuat :

=> Rebus daun pegagan dengan air bersih hingga mendidih, kemudian tiriskan hingga kering dan sajikan, bisa dengan lauk nasi maupun sambal. Sedap pastinya! Namun tetap berkhasiat untuk tubuh.

Namun perlu digaris bawahi, jangan terlalu sering mengonsumsi daun pegagan dalam jumlah yang banyak karenadapat memicu sakit kepala dan paling parah bisa mengakibatkan koma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *